Teks
PENGARUH BIG-FIVE PERSONALITY DAN ENVIRONMENTAL SENSITIVITY TERHADAP RESPONSIBLE ENVIRONMENTAL BEHAVIOR SISWA
Masalah lingkungan merupakan masalah yang harus diselesaikan oleh semua pihak, termasuk siswa. Perilaku tanggung jawab lingkungan timbul dari kesadaran akan permasalahan yang sering terjadi. Kesadaran inilah yang memunculkan niat dan tekad siswa untuk menentukan sikap dan perilaku terhadap masalah yang dihadapi. Perilaku tanggung jawab lingkungan yang dimiliki siswa merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor. Faktor tersebut diantaranya adalah kepribadian dan sensitivitas lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepribadian dan sensitivitas lingkungan terhadap perilaku tanggung jawab lingkungan siswa. Penelitian dilaksanakan di SMALabschool Jakarta pada Semester I Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah metode survei melalui studi kausal dan dianalisis dengan analisis jalur. Sampel yang digunakan berjumlah 79 siswa kelas XI MIPA. Hasil pengujian hipotesis diperoleh koefisien jalur X1terhadap X2 sebesar 0,495, koefisien jalur X2terhadap X3 sebesar 0.028, dan koefisien jalur X1terhadap X3 sebesar 0,568 tetapi koefisien jalur X1terhadap X3 melalui X2 tidak dapat dihitung. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa sensitivitas lingkungan tidak cocok sebagai mediator variabel antara kepribadian dengan perilaku tanggung jawab lingkungan.
Kata Kunci: Kepribadian, sensitivitas lingkungan, perilaku tanggung jawab lingkungan.
KG004 | Buku Online | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain